Senin, 10 Oktober 2011

penghobi walet pemula ayo mencoba

Contoh Rangka Perencanaan Rumah Walet 

Sumber: saranawalet.blogspot.com 
  • Untuk memulai sesuatu kegiatan perlu persiapan yang matang dan terencana agar dapat memperoleh hasil yang maksimal dan tentunya bermanfaat bagi bukan saja yang melakukan tapi jangka panjangnya kegiatan tersebut bermanfaat dan berhasil guna dan dapat diteruskan untuk keluarga dan mungkin bagi orang banyak. Memang kegiatan yang disertai dengan niat dan terutama sang pelaku seorang penghobi akan lebih terasa nyaman dari pada yang bukan penghobi.
  • Seorang yang punya keinginan mempunyai kegiatan dibidang walet bisa dilihat dari latar belakangnya dan mengapa dia berkeinginan untuk bekerja dibidang walet katakanlah burung walet , baik untuk membuat rumah walet/gedungnya maupun mencari sarang burung walet untuk dibeli maupun diperjual belikan.
  • Dalam hal ini sebagai seorang penghobi saya lebih cenderung menceritakan rangkuman pengalaman yang dapat dibagikan kepada orang yang mungkin akan memulai dan sudah memulai dan sudah berhasil dan bahkan seorang pakar atau master dibidang burung walet dan akan belajar dari  yang punya pengalaman yang hebat lagi.
  • Melakukan kegitan walet yang saya penulis lakukan saat memulai adalah pada saat melihat segerombol burung walet yang sedang terbang rendah diatas persawahan didekat rumah seorang teman.. Hal yang menarik dari terbangnya burung tersebut adalah pertanyaan.Burung apa itu, Sedang apa mereka, dan pulang kemana mereka ?

Bangunan Rumah Walet 3D
  Sumber: Idrussanjaya83.blogspot.com
  • Awal dari pertanyaan tersebut dapatlah ditemukan jawabannya setelah tanya kesana kemari, bahwa burung itu adalah burung walet yang sedang mencari makan dan setelah menjelang malam akan pulang kerumahnya masing - masing dan tentunya rumah gedung yang letaknya tidaklah dekat dari tempat mereka mencari makan, karena memang disekitar sawah tersebut tidak ada bangunan gedung rumah walet                                                                                                  
  • Sebenarnya filosofi yang ada pada burung walet hampir sama yang ada pada Tawon Madu yaitu : Keduanya tidak perlu diberi pakan dan tidak perlu obat-obatan.jadi kita hanya menyediakan tempat tinggal.katakanlah kita ini adalah fasilitator artinya memfasilitasi burung walet atau tawon yang kita pelihara.jadi seandai kita inginkan memelihara burung walet , maka haruslah kita memfasilitasinya sehingga burung tersebut akan betah tinggal ditempat yang disediakan yaitu gedung walet.
  • Burung walet adalah burung yang sangat pandai mencari pakan dan menjaga kesehatan, jadi kita sudah berhemat membeli pakan dan obat-obatan.
  • Apa yang harus dikerjakan untuk dapat memperoleh burung walet yang bisa masuk kedalam rumah atau gedung yang kita siapkan ataupun gedung berupa rumah yang tidak disiapkan untuk burung tapi ada juga burung yang nyelonong masuk kerumah atau gedung yang tidak disiapkan untuk walet tersebut.
  • Dimana sebaiknya dibangun rumah/gedung walet yang tepat dan memungkinkan walet masuk ke rumah /gedung yang kita siapkan
  • Bagaimana cara membangun dan bentuk rumah/gedung walet yang baik dan disukai burung walet, sehingga paling tidak burung walet mau mendekat, bermain ke lokasi gedung yang sudah kita siapkan, dan pada akhirnya mau masuk dan menginap
  • Mengapa burung walet bisa sampai ketempat kita dan mendekat, bermain, mau masuk dan menginap ditempat yang sudah kita siapkan.
  • Semua jawabannya sebenarnya sudah ada di buku- buku yang sudah ditulis oleh pakar burung walet dan sudah banyak beredar ditoko-toko buku juga ada di majalah trubus yang setiap bulan terbit dan ada edisi waletnya di halaman khusus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar